Home > Manajemen Investasi dan Pasar Modal > Cara Mencari Data Suku Bunga SBI di Website Bank Indonesia

Cara Mencari Data Suku Bunga SBI di Website Bank Indonesia

work-bank-paper-127245-mSBI adalah surat berharga sebagai pengakuan utang berjangka waktu pendek dalam mata uang rupiah yang diterbitkan oleh Bank Indonesia dengan sistem diskonto.

SBI diterbitkan Bank Indonesia tanpa warkat (scripless), dan seluruh kepemilikan maupun transaksinya dicatat dalam sarana Bank Indonesia BI-SSSS.

Tanya:

Bagaimana cara mencari data suku bunga SBI melalui website Bank Indonesia?

Jawab:

Langkah-langkah pencarian sebagai berikut:

> Langkah pertama: pada address bar, ketikkan alamat website Bank Indonesia: http://www.bi.go.id

> Langkah kedua: arahkan kursor pada menu Moneter, nampak seperti gambar berikut:

langkah 1 suku bunga sbi

> Langkah ketiga: klik Lelang Sertifikat BI, seperti tampak pada gambar di langkah kedua dan hasilnya tampak seperti gambar berikut:

Langkah 2 suku bunga sbi

*) suku bunga SBI dapat dilihat pada baris Diskonto rrt SBI, yaitu 7.21695%.

> Langkah keempat: untuk mencari data suku bunga sbi pada tanggal tertentu, klik Hasil Lelang Sertifikat Bank Indonesia (SBI) pada kolom Judul seperti gambar berikut:

Langkah 3 suku bunga sbi

> Langkah kelima: untuk melihat data suku bunga SBI sebelum tahun 2011, klik Data Sebelum Tahun 2011 seperti pada gambar langkah keempat, setelah itu, tampak gambar berikut:

Langkah 4 suku bunga sbi

*) Untuk mencari data suku bunga SBI pada tanggal tertentu, ganti saja tanggal pada gambar langkah kelima di atas.

Demikian penjelasan dari Saya, semoga bermanfaat…!!!

Saran dan kritikan atas tulisan ini sebagai upaya perbaikan ke depan, silakan kontak saya melalui Contac Me yang ada pada menu utama blog ini. Sedangkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan tulisan ini atau lainnya, silakan Anda tuliskan pada Kotak Komentar.

Artikel terkait:

Kembali ke home

  1. July 27, 2014 at 4:56 pm

    selamat sore pak Hadi, saya sedang mengalami kendala dalam hal pencarian data suku bunga SBI tahun 2011 – 2013, dan data suku bunga kredit dari tahun 2010 – 2013. adapun data tersebut saya pergunakan untuk tugas akhir sya pak. jadi kiranya jika bapak berkehendak untuk membantu saya, bisa tolong emailkan jawaban dan konfirmasi nya ke email saya jenny_luis24@ymail.com. atas perhatian bapak saya ucapkan banyak terima kasih

    • July 27, 2014 at 5:53 pm

      To Vericks,
      data suku bunga sbi tahun 2010 s/d 2013 dapat Bp sediakan dan data sudah termasuk konversi data menjadi daily, weekly, atau monthly. Biaya data Rp 100.000,-, jika bersedia silakan kontak kembali dan data dikirimkan setelah biaya data ditransfer.

      Thanks and regards,
      Abdul Hadi

  2. July 26, 2014 at 11:17 am

    selamat pagi,
    pak, saya sedang proses menyelesaikan skripsi saya. say mau minta tolong dikirimkan data SBI tahun 2013. kalau bisa yang harian. kirim ke email saya: triindah13@ymail.com

    terima kasih sebelumnya

    • July 27, 2014 at 5:56 pm

      To Try Indah,
      Beli data/ pesan data suku bunga sbi dan beta saham sektor property, real estate dan building construction tahun 2013 sudah dikirimkan, silakan cek email.

      Thanks and regards,
      Abdul Hadi

  3. sasmita
    July 19, 2014 at 12:33 pm

    siang pak Hadi, saya sasmita sedang menyusun tugas akhir. saya membutuhkan data SBI per tahun dari 2008-2013. setelah saya mempraktekkan saran bapak, saya kesulitan membaca suku bunganya yang mana. mohon bimbingannya pak Hadi.
    email saya : sasmita.vinda@gmail.com
    terimakasih banyak bapak.
    #urgent

  4. ulan
    July 16, 2014 at 12:05 pm

    Ass pak , saya mahasiswa tingkat akhir yang membutuhkan data suku bunga sbi pertahun dari tahun 2008 – 2013 .. jika bapak berkenan , saya berharap bapak email ke ulansuwendi@gmail.com .. terimakadih pak sebelumnya

  5. Sarah Febrina
    July 7, 2014 at 8:11 pm

    selamat malam pak, saya Sarah, salah satu mahasiswa swasta yang sedang menyelesaikan skripsi saya. Saya sedang membutuhkan data tingkat suku bunga SBI tahunan dari tahun 2009-2013, mohon bantuannya bapak untuk dapat membantu skripsi saya. mohon diemail
    email saya : sarah_febrina@rocketmail.com. Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami mengucapkan terima kasih.

    • July 12, 2014 at 3:54 pm

      Dear Bapak Hadiborneo,

      Saya juga kurang paham dalam membaca rata-rata SBI sebelum tahun 2011. yang setelah 2011 suku bunga SBI dapat dilihat pada baris Diskonto rrt SBI. sedangkan sebelum tahun 2011 gimana pak??? kalo pakai contoh gambar yg di atas, saya harus ambil rata-rata SBI yang di bawah kolom tenor 91, 182, atau 273??

      mohon bantuannya ya pak. maya.oraplawal@gmail.com

      Terima Kasih.

      Salam,
      Maya

  6. June 22, 2014 at 10:24 pm

    assallammualaikum… malem pak..
    pak saya mahasiswa tingkat akhir dan sekrag lagi nyusun tugas akhir , kebetulan data mengenai sbi dari tahun 2003-2013 per triwulan nya susah nyari nya pak.. apabila bapa mempunyai data sbi dari tahun 2003-2013 per triwulann..saya mau minta bantuannya untuk mengirimkan data mengenai SBI tersebut… terima kasih pak..
    email: nurianapurnamasari99@gmail.com

  7. May 27, 2014 at 12:29 am

    selamat malam pak saya mahasiswi yang sedang menyusun skripsi, saya mohon bantuannya pak, kalau ingin mencari data bulanan SBI, SBIS dan PUAB di Indonesia dari tahun 2009 -2012 bagaimana pak ?, saya sudah email ke permohonan informasi publik bi dan disuruh buka link dibawah ini tapi data tahun yang saya cari kosong semua http://www.bi.go.id/id/statistik/seki/terkini/moneter/Contents/Default.aspx point 1.25.
    email saya inggrit.magdalena@gmail.com terima kasih pak dan mohon bantuannya ya pak

  8. May 27, 2014 at 12:23 am

    pak saya mau tanya kalau ingin mencari data bulanan SBI, SBIS dan PUAB di Indonesia dari tahun 2009 -2012, saya sudah email ke permohonan informasi publik bi dan disuruh buka link dibawah ini tapi data tahun yang saya cari kosong semua http://www.bi.go.id/id/statistik/seki/terkini/moneter/Contents/Default.aspx point 1.25. email saya inggrit.magdalena@gmail.com terima kasih pak dan mohon bantuannya ya pak

    • Guruh Qurniartha
      July 3, 2014 at 7:09 pm

      datang langsung ke BI kcp IX medan aja Inggrit, sama kristian atau Yogi…. :D

      • July 6, 2014 at 2:28 pm

        To Guruh Q,
        Mksh atas answer yang telah diberikan.

        Thanks and regards,
        Abdul Hadi

  9. Nur Annisa Warsa
    May 19, 2014 at 8:55 pm

    selamat malam Bapak Abdul Hadi, saya mahasisiswi yang kesulitan mencari tugas ekonomi makro tentang data tingkat bunga umum pertahun dari tahun 2000 sampai 2014 ,saya mohon bantuannya terimakasih.
    email : nurannisa.warsa@yahoo.co.id

  10. adi
    May 19, 2014 at 8:17 pm

    selamat malam pak Abdul Hadi, saya sedang melakukan penelitian , dan saat ini saya membutuhkan suku bunga SBI perbulan selama periode 2008-2012, karena saat saya hanya mendapat sampai tahun 2011 awal bulan saja.. dan satu lagi pak dmana saya bisa mendapatkan tingkat pengembalian pasar IHSG per bulan selama periode 2008-2012.. mohon bantuan nya. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.. kalau ada tolong e-mail ke adi_obenk@yahoo.co.id

  11. nila
    May 16, 2014 at 3:20 pm

    selamat siang bpk. Abdul Hadi,saya seorang mahasiswi swasta yogyakarta, saya kesulitan mencari data suku bunga..saya membutuhkan data suku bunga bulanan periode 2009-2013.mohon bantuannya ya pak..
    email saya : nilaafni@gmai.com

    terimakasih banyak pak..

  12. May 9, 2014 at 10:25 pm

    Malam Pak,
    saya mahasiswi sebuah universitas swasta di Jakarta
    Saya sedang melakukan penelitian untuk cost of equity perusahaan dan saya membutuhkan data suku bunga SBI sebagai risk free rate.
    Bisakah Bapak membantu saya butuh data suku bunga SBI tahun 2011-2013.
    Email saya : vida_yang@yahoo.com
    TERIMAKASIH.

  13. May 8, 2014 at 10:55 pm

    malam pak Hadi, saya sedang menyusun skripsi tentang cost of equity capital dengan metode CAPM. saya kesulitan dalam mencari data sbi, jadi saya mohon kepada pak Hadi supaya saya bisa dikirimkan data sbi tahun 2008-2012 ke email saya hendra_iewanto@yahoo.com. dan yang ingin saya tanyakan juga apakah return IHSG yang digunakan adalah rata-rata return IHSG per tahun? mohon penjelasannya ya pak.

    terima kasih pak.

    • May 9, 2014 at 10:09 pm

      To Zurakotaro,
      Jawaban atas pertanyaan dan konfirmasi atas permintaan data, silakan cek email.

      Thanks and regards,
      Abdul Hadi

  14. alfilail
    May 6, 2014 at 7:02 am

    assalamualaikum pak hadi, saya mahasiswa yang sedang menyusun skripsi dan membutuhkan data SBI tahun 2009 – 2011. karena seperti yang dilangkah lima diatas, saat saya mengganti tanggalnya tidak terjadi perubahan. jika bapak berkenan, saya minta bantuan bapak untuk mengirimkan data tingkat bunga SBI tahun 2009-2011 ke email saya nur.alfilail@ymail.com terima kasih banyak atas bantuan bapak.

    • May 7, 2014 at 12:05 am

      To Alfilai,
      Konfirmasi atas permintaan data suku bunga sbi tahun 2009-2011, silakan cek email Alfilail.

      Thanks and regards,
      Abdul Hadi

  15. Ria
    April 25, 2014 at 11:10 am

    Mencari rerata suku bunga sbi, dengan menggunakan arithmetic mean atau geometric mean, itu caranya bagaimana pak?
    Terima Kasih…

  16. Ikhsan
    April 25, 2014 at 8:58 am

    Selamat pagi bapak, dapatkah bapak membantu saya mengirimi data perbulan tingkat suku bunga berdasarkan tahun 2009 -2013. Apabila dapat membantu saya, tolong kirimi ke alamat gunadarma_ikhsan@yahoo.com/ gunadarma.ikhsan1991@gmail.com

  17. Ria
    April 21, 2014 at 2:07 pm

    Selamat siang pak, saya mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Periode penelitian saya itu th 2010-2012, jadi saya menggunakan SBI dgn tenor 9 bln. Saya bingung menghitung rata-rata suku bunga SBI yang nantinya digunakan untuk mencari kinerja reksadana. Kalau melihat contoh skripsi yg ada, mencari rata-rata suku bunga SBI dgn cara : jmlh suku bunga SBI / 30 (SBI menggunakan tenor 1 bln). Kalau saya pakai tenor 9 bln, apakah cari rata-ratanya dgn cara : jumlah suku bunga SBI / 273 ? Terima kasih…

    • April 23, 2014 at 10:03 am

      To Ria,
      Rerata suku bunga sbi, bisa dihitung menggunakan arithmetic mean atau geometric mean. Satuan suku bunga sbi adalah tahunan. Konversi ke bulanan (12 bulan), mingguan (52 minggu), harian (360). Tenor 1, 3, 6 atau 9 menunjukkan umur atau jangka waktu surat berharga tsb, bukan satuan, sama spt deposito atau tabungan.

      Thanks and regards,
      Abdul Hadi

  18. teresiavero
    April 11, 2014 at 2:01 pm

    selamat pagi pak, saya mau minta bantuan bapak mengenai SBI tahun 2010-2014 ini, tapi tidak ada update terbarunya, saya mau membuat skripsi. bisa kah bapak membantu mengirim data SBI per bulannya pak?
    email: tere.disini@gmail.com

    terima kasih banyak pak.
    Tuhan memberkati. :)

  19. zhezhazhizhi
    April 10, 2014 at 11:01 pm

    selamat malam pak saya membutuhkan data tingkat suku bunga dari tahun jan 2012 sampai desember 2013, mohon bantuannya bapak
    email saya : ilyanazizah54@gmail.com terima kasih bapak
    URGENT

  20. Mee
    March 19, 2014 at 9:25 am

    Siang Bpk. Abdul Hadi, saya sedang penelitian, saya membutuhkan data SBI per 2004 s/d 2011 karna di situs BI sendiri hanya tersedia sampai januari 2011 saja, saya mohon bantuannya., terima kasih banyak Pak., dan apabila Bp juga mempunya data SBIS dan SWBI saya juga meminta bantuannya untuk mengirimkan data dengan periode yang sama., terima kasih banyak Bpk, email saya armeeda@gmail.com

Comment pages
1 13 14 15
  1. December 6, 2013 at 10:21 pm

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 97 other followers