Home > Manajemen Investasi dan Pasar Modal > Aplikasi SPSS dalam Perhitungan Beta Saham: Model Indeks Tunggal

Aplikasi SPSS dalam Perhitungan Beta Saham: Model Indeks Tunggal

A. Pendahuluan

Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjawab satu dari sekian banyak pertanyaan mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir, baik skripsi maupun tesis. Pertanyaan dimaksud adalah “Bagaimana menghitung Beta saham menurut model Indeks Tunggal?”.

B.  Contoh Kasus

Misalkan Taufik adalah seorang mahasiswa, ia ingin mengetahui besarnya beta saham PT Bumi Resource, Tbk berdasarkan model Indeks Tunggal dengan periode waktu pengamatan selama 24 bulan (Juli 2008 – Juni2009).

Data ambil di sini Data Harga Saham Bumi, IHSG, Return Bumi, Return IHSG

C.  Aplikasi SPSS Statistics 17.0

  1. Klik Variabel View, kemudian pada kolom Name baris pertama ketik R_BUMI dan baris kedua ketik R_IHSG. Pada kolom Decimal, ubah nilai menjadi 3 untuk semua variabel. Sedangkan untuk kolom-kolom lainnya boleh dihiraukan (isian default).
  2. Buka halaman data view dengan klik Data View, maka didapat kolom variabel R_BUMI dan R_IHSG. Kemudian ketikkan data sesuai dengan variabelnya. Hasil pengisian data seperti berikut:
  3. Klik Analyze à Regression à Linear. Akan muncul jendela Linier Regression.
  4. Klik variabel R_BUMI dan masukkan ke bagian Dependent, kemudian klik variabel R_IHSG ke kotak  Independent.
  5. Klik Statistics, maka akan muncul jendela Linear Regression: Statistics.
  6. Pada jendela tersebut aktifkan Estimates, Convidence intervals, dan Model fit, dan Part and Partial Correlations.
  7. Klik Continue lalu klik OK, maka output SPSS 17.0 pada bagian Coefficients sebagai berikut:

Dari hasil tersebut terlihat bahwa koefisien konstanta adalah sebesar 0,033, nilai koefisien R_IHSG adalah sebesar 1,886. Dengan hasil tersebut maka persamaan regresi yang bisa dibentuk adalah sebagai berikut:

R_BUMI = 0,033 +1,886  R_IHSG

Berdasarkan persamaan regresi tersebut, maka besarnya Beta saham PT Bumi Resource Tbk menurut model Indeks Tunggal adalah sebesar 1,886 yang secara statistik signifikan dengan p-value sebesar 0,001.

Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat!!!

Download artikel, klik di sini

Artikel Terkait:

  1. Cara Menghitung Beta Saham dengan Menggunakan Teknik Regresi: Model Indeks Tunggal
  2. Aplikasi SPSS dalam Perhitungan Beta Saham: Model CAPM
  3. Cara Menghitung Beta Koreksian dengan Menggunakan SPSS 17.0: Motode Scholes-William
  4. Aplikasi SPSS dalam Perhitungan Beta Koreksian: Model Dimson
  5. Aplikasi SPSS dalam Perhitungan Beta Koreksian: Model Scholes-William
  6. Aplikasi SPSS dalam Perhitungan Beta Koreksian: Model Fowler dan Rorke

Catatan:

*)   Saya dengan senang hati menerima kritik dan saran yang membangun. Kritik dan saran tersebut dapat dikirimkan ke alamat e-mail: abdhadi70@gmail.com atau klik kontak saya di halaman webblog Hadi Management: http://www.hadiborneo.wordpress.com

Daftar Pustaka:

  1. Jogiyanto Hartono, 2010, Teori Portofolio dan Analisis Investasi, BPFE, Yogyakarta.
  2. Eduardus Tandelilin, 2010, Portofolio dan Investasi – Teori dan Aplikasi, Kanisius, Yogyakarta.
  3. Nawari, 2010, Analisis Regresi dengan MS Excell 2007 dan SPSS 17, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
About these ads
  1. Febrian
    June 25, 2014 at 11:10 am

    Salam Kenal Pak
    misalkan di dalam return saham PT Z di bulan mei ada pembagian deviden,nah itu ngaruh ke harga sahamnya gak pak ?
    sekalian kirimin perhitungan beta saham untuk yg bulanan
    thanks

  2. ditha
    January 17, 2014 at 4:23 pm

    saya dita pa… saya sedang menyusun skripsi mengenai beta pasar, dan setelah melihat komentar2nya, saya tertarik untuk memperoleh data2 yang sama dengan saudara Veri dan Max untuk menghitung beta saham untuk multiple emiten dengan menggunakan Excel…

    Jadi,bila bapak dapat membantu saya, tolong saya juga dikirimi e-mail tersebut ke e-mail saya: dpuspa33@gmail.com

    Tolong ya,pak….Terima kasih,pak….

  3. Alvin
    November 22, 2013 at 10:27 pm

    Permisi pak hadi, saya ingin bertanya tentang return saham yang digunakan untuk mencari beta saham, apakah jika perusahaan membagikan dividen di bulan januari misalnya, kita perlu memperhitungkan dividen tersebut sebagai return? Saya menggunakan return bulanan untuk menghitung beta. Pertanyaan kedua, untuk menghitung beta saham bisa menggunakan model CAPM dan model index tunggal, pada kondisi bagaimana kita memilih model CAPM atau model index tunggal? Mohon jawabannya pak. Terima kasih.

  4. era
    June 26, 2013 at 3:34 am

    saya sdh mengitungi langkah2 SPSS diatas pak. hasilnya berbeda dg perhitungan sy. stlh ditelusuri, ternyata std error nya berbeda. bag cara memasukkan std errornya? satu lg bagaimana cara perhitungan dg excel? mksh sblmnya pak

  5. lois
    June 18, 2013 at 8:38 pm

    Pak, saya mau tanya, kalau saya mau menghitung beta dengan spss bagaimana mengatasi jumlah hari yang berbeda misal antara perusahaaan A dengan IHSG. mohon bantuannya pak..terima kasih

    • June 19, 2013 at 7:02 pm

      To Lois,
      Cara mengatasinya adalah dengan menambah hari transaksi Saham Individual, sehingga sama dengan hari transaksi IHSG. Harga saham individual (HSI) menggunakan HSI hari sebelumnya.

      Regards,
      Abdul Hadi

    • June 19, 2013 at 7:06 pm

      To Lois,
      Cara mengatasi perbedaan hari transaksi antara IHSG dan HSI adalah dengan menambah hari transaksi Saham Individual, sehingga sama dengan hari transaksi IHSG. Harga saham individual (HSI) menggunakan HSI hari sebelumnya.

      Regards,
      Abdul Hadi

  6. Veri
    May 13, 2013 at 5:58 pm

    Bapak Hadi,sy sungguh2 ingin bisa menggunakan Excel untuk menghitung beta saham,stlh sy baca2 lagi komentar2 di atas,sy memperoleh kata2 ini,”To Max,
    Pertanyaan kamu sdh dibalas by e-mail, silakan dicek.” dan sy tertarik untuk memperoleh e-mail yg sama dengan mas Max ataupun dengan mas Normanto….

    Jadi,bila bapak berkenan,tolong sy dikirimi e-mail ttg hal itu,ke e-mail saya: verizerografity@gmail.com

    Tolong ya,pak….Terima kasih,pak….

    • May 13, 2013 at 10:23 pm

      To Veri,
      Contoh perhitungan beta saham untuk multiple emiten dengan menggunakan Excel sdh dikirim by e-mail, silakan dicek.

      Regards,
      Abdul Hadi

  7. desiana
    April 15, 2013 at 12:37 pm

    pak bisa tlng kirimkan contoh perhitungan beta saham tahunan dengan data bulanan ke email saya,tlng sekali pak

  8. agata
    January 17, 2013 at 10:12 pm

    selamat malam pak, saya akan menyusun skripsi mengenai beta saham dan residual income, mohon penjelasannya untuk perhitungan beta saham tahunan dengan banyak perusahaan selama lima dan tiga tahun, dengan excel dan SPSS. Terima kasih.

  9. devi
    January 3, 2013 at 8:43 pm

    salam.. sejauh ini yg saya dapat untuk perhitungan optimalisasi portofolio dg single index model baru sekadar rumus2.. apa bisa sy minta dikirimkkan cara perhitungan’a dg contoh yg memadai, beserta penerapannya dg spss maupun ms.excel.. sekedar info, sy ingin meneliti ttg “optimalisasi portofolio pd JII”.. jika berkenan harap dikirim jwbn’a via email..
    terima kasih

  10. max
    June 6, 2012 at 1:01 pm

    maaf ,, saya kebinguan nih untuk mencari harga saham perbankan dari tahun 2007 sampai 2010 , untuk menganalisa risiko sistamatik y gimn y ?? klw bisa bls ke email saya maxindom@gmail.com.
    thanks

    • June 6, 2012 at 4:18 pm

      To Max,
      Pertanyaan kamu sdh dibalas by e-mail, silakan dicek.

      Regards,
      Abdul Hadi

  11. Didit
    May 23, 2012 at 12:00 am

    Pak, saya ingin bertanya apakah dengan jumlah 6 variabel dimana 5 variabel bebas dan 1 terikat dengan menggunakan analisis regresi berganda dapat dilakukan juga dengan langkah2 di atas? atau adakah langkah lainnya pak? Bagaimana dengan menggunakan excell pak? Terima kasih, tolong kirim balasannya via email ke didiet09@hotmail.com

  12. Indah
    May 6, 2012 at 12:50 am

    pak, tolong pencerahan nya mengenai cara menghitung beta saham banyak perusahaan selama beberapa tahun dengan menggunakan harga saham harian.. saya bingung.. mengapa hasil yang saya dapatkan berbeda antara saat saya regres dengan spss dan menggunakan excel…

    • May 6, 2012 at 8:12 pm

      To Indah,
      Hasil olah data dengan SPSS atau excel tidak akan beda, kecuali ada steps yang salah, di SPSS atau di Excel. Bukankah saya sdh kirimkan cara cepat menghitung beta saham dengan menggunakan fungsi SLOPE pada excel, sehingga dapat menghitung seluruh emiten sekaligus, sdh dibuka belum email saya?, karena belum ada respon dari Anda.

      Regards,
      Abdul Hadi

      • Indah
        May 8, 2012 at 5:16 pm

        sudah saya konfirm emailnya, mas.. tapi napa gak ad email yg masuk ya???
        jika memang hasil data saya berbeda, apakah kesalahan ada pd data saya, mas??
        1. jika jmlh hari antara perusahaan A (misal) dan IHSG berbeda, bagaimana cara mengatasinya??apakah mengikuti jmlh hari perusahaan A atau mengikuti jumlah hari di IHSG??
        2. jika mengikuti jmlh hari IHSG, dan ternyata pada saat itu perusahaan A tidak melakukan perdagangan saham, apakah nilai harga saham di ambil dr harga saham hari sebelumnya, atau nilai harga sahamnya adalah 0 (nol)
        mohon pencerahan..

  13. April 10, 2012 at 1:08 pm

    pak hadi, saya mau tanya apakah bisa menghitung beta saham suatu perusahaaan dengan cara kuartalan dan data-data yang dipakai juga adalah return saham dan return ihsg kuartalan?

    trimakasih pak
    salam Normanto

    • April 12, 2012 at 7:43 am

      To Normanto,
      Misalkan untuk menghitung beta saham tahun 2011, data kuartalan bisa digunakan, tetapi akan menimbulkan bias yang tinggi dibandingkan dengan menggunakan data bulanan (12 bulan) atau minguan (52 minggu) dan lebih baik lagi kalau menggunakan data harian (252 hari), karena jumlah data yang digunakan hanya (4Q) dalam setahun. Kalau kita ingin mengetahui beta saham kuartal pertama tahun 2011 (januari-maret), bagaimana caranya? hitung return saham dan ihsg harian, setelah itu gunakan fungsi SLOPE dalam Excel, maka beta saham kuartal pertama sudah diketahui, lakukan langkah yang sama untuk menghitung beta saham sampai dengan kuartal empat.

      salam – abdul

  14. Sandy
    January 27, 2012 at 11:14 am

    pak hadi, saya mau tanya seperti saudari hanny, untuk mencari beta saham dengan data return tahunan itu diregresikannya bagaimana? apakah bisa hanya dengan 1 data tahun 2008 misalnya ditemukan beta saham tahun 2008 jg??
    lalu apakah boleh bila beta digunakan data bulanan tp return sebagai variabel dependennya dgn data tahunan?? untuk return tahunan(2008,2009,2010) saya perlu data return 2007 jg tidak??mohon bantuannya pak dengan contoh,trims…

    • February 5, 2012 at 9:55 pm

      Untuk running data dalam menghitung beta saham digunakan data harian, mingguan atau bulanan. Silakan sdra Sandy tentukan sendiri. Boleh dan untuk return yang kamu maksud bp tidak paham, periode penelitian mulai kapan? Sedangkan contoh perhitungan beta saham sdh dikirim by email, silakan cek emailnya.

  15. nyoman
    November 23, 2011 at 12:44 am

    Pak, saya mencari beta dan return saham. Ri dan Rm nya sudah ketemu. Yg mau saya tanyakan apakah return dan beta saham itu bisa dicari menggunakan excel dgn menggunakan cara “slope (Ri ; Rm)” untuk beta nya, dan “intercept (Ri ; Rm) untuk return saham nya. Mohon penjelasannya pak, soalnya saya mencari return dan beta saham nya seperti itu. Terima kasih

    • November 23, 2011 at 1:27 pm

      Jawaban atas pertanyaan Anda sudah dijawab lewat e-mail, silakan cek e-mailnya.

      Regards,
      hadi

  16. abraham
    August 6, 2011 at 3:36 pm

    trima kasih banyak pa HADI, smua yang bapa tag sangat bermanfaat bagi saya,, saya msh trs pelajari, kl ada mslh saya hubungi bapa via email bapa.

    hormat saya

    bram

    • August 7, 2011 at 5:22 am

      Oke, terima kasih atas komentar dan kunjungan sdr Abraham pada Blog Hadi Management.

  17. ardha
    July 26, 2011 at 11:28 pm

    pak sy mau menghitung, bisnis sy untuk pengembang biakkan ikan patin…dan saya harus menghitung IRR, NPV, dll…syarat IRR hrs lebih besar dari CoC…IRR>Coc sehingga keputusannya investasi…kendala dalam menghitung CoC adalah harus menghitung Cost of equity nya…krn hrs menggunakan CAPM. bagaimana menghitung betanya…klo regresi apa yg jadi independen variable nya dan apa yg jadi dependen variablenya….terima kasih

    • July 27, 2011 at 11:26 pm

      Perhitungan Cost of Equity dalam studi kelayakan bisnis, biasanya digunakan dua metode ini, yaitu: (1) Menambahkan sejumlah spread tertentu di atas cost of debt , dan (2) Menggunakan capital assets pricing model (CAPM). Kita ketahui CAPM digunakan untuk PT Terbuka, bagaimana dengan PT Tertutup seperti perusahaan Ardha, caranya adalah dengan melakukan proksi (perkiraan) melalui perusahaa terbuka (industri) yang sejenis, setelah itu hitung beta masing-masing perusahaan, kemudian hitung nilai beta rata-rata dari industri sebagai beta perusahaan tertutup lalu ditambahkan premium (misalkan 1% atau sebesar suku bunga bebas risiko). Sedangkan dalam menghitung Cost of Equity dengan menggunakan CAPM, sebagai variabel dependen adalah return saham dan variabel independen adalah selisih antara return pasar dengan return bebas risiko (Rm – Rm). Di mana perhitungan Cost of Equity dirumuskan sebagai berikut: Ke = Rf + (Rm – Rf)B. Bagaimana cara menghitungnya, silakan baca artikel saya yang lain tentang cara menghitung beta saham dengan menggunakan CAPM di link berikut: http://hadiborneo.wordpress.com/2011/03/22/aplikasi-spss-dalam-perhitungan-beta-saham-model-capm/

  18. hanny
    May 9, 2011 at 12:35 am

    huum pak,
    saya sdang meneliti tentang beta saham buat manufaktur yg list d bei 2006-2009.
    tp bingung ngitung beta mau pakai return yg tahunan pa bulanan.
    =(

    • May 10, 2011 at 9:41 pm

      To Hanny,
      Misalkan Beta saham i tahun 2006 –> cara menghitung beta saham i tahun 2006, sdri Hanny bisa menggunakan data return bulanan, mingguan, atau harian. Demikian juga untuk perhitungan beta saham tahun 2007, 2008, dan 2009. Jadi kalau sdri Hanny mau menghitung beta saham i tahun 2006 boleh menggunakan data return bulanan pada tahun 2006. Keakurasian perhitungan beta diantaranya dipengaruhi oleh lamanya periode pengamatan, artinya penggunaan data return harian lebih baik dibandingan dengan penggunaan data return mingguan, demikian juga dengan data return mingguan dibandingkan dengan data return bulanan. Bagaimana, masing bing-bingung?.

    • hanny
      May 11, 2011 at 1:24 am

      lah pak data saya kan juga pake lap tahunan dan saaya ngitung variabel lainnya pke tahunan. kalo ngitung returnnya bulanan apa ga aneh pak? data saya 2006-2009 pak

      • May 11, 2011 at 6:16 am

        To Hanny,
        Cara menghitung beta saham memang seperti itu, tidak ada yang aneh. Untuk mengetahui beta saham i tahun 2006 misalkan, dibutuhankan data return bulanan, mingguan, atau harian. Jika tidak, sdri Hanny tidak bisa mengetahui berapa besarnya beta saham i. Setelah nilai beta saham i untuk tahun 2006, 2007, 2008, 2009 diketahui, diinput ke excel sebagai variabel Y atau variabel X beserta variabel-variabel lainya. Kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan tool pengolah data, misalkan spss. Selesai dan output hasil penelitiannya sdh bisa sdri Hanny diketahui.

    • hanny
      May 12, 2011 at 10:51 pm

      y pak,
      maap kalo masih bingung boleh tanya lagi?
      lwt ym ?
      maap tu pun klo bleh

      • May 15, 2011 at 11:03 am

        To hanny,
        Kalau masih bingung, silakan tanya lagi, by email. Ok.

    • hanny
      May 18, 2011 at 9:07 pm

      emailnya apa pak?

      • May 18, 2011 at 11:22 pm

        e-mailnya sudah ada di dalam artikel Aplikasi SPSS dalam Perhitungan Beta Saham: Model Indeks Tunggal, he he he … lagi bingung ya?

  19. hanny
    May 6, 2011 at 11:22 pm

    tapi ngitung beta dengan return tahunan pakainya model indeks tunggal pa bukan??
    oh ya pak, buku edisi lama dan baru apakah sama isinya???
    mohon maap juga pak kira2 bukunya tendelilin dan suad husnan tersedia dmn ya? gramedia semarang g da pak …
    =(

    • May 7, 2011 at 7:00 am

      To Hanny,
      Ya, tapi kalau datanya tahunan nanti jumlah data yang dibutuhkan terlalu sedikit, kecuali sdri Hanny meneliti seluruh emiten yang terdaftar di BEI atau minimal 30 sampel data. Sedang meneliti tentang apa sdri Hanny?. Di semarang aku tidak tahu, kalau di surabaya, belinya di Toga Mas atau bisa juga di Uranus.

  20. hanny
    May 5, 2011 at 11:00 pm

    maap kalo boleh tanya indeks tunggal bisa ga kalo untuk ngitung beta tapi return-nya tahunan?
    oh ya 1 lagi, bukunya jogiyanto hartono itu nyarinya dimana ya??? saya cari di gramedia ga ketemu
    mohon di jawab
    trima kasih

    • May 6, 2011 at 6:58 am

      To Hanny,
      Bisa, tergantung data yang akan sdri Hanny gunakan dalam penelitian. Beta saham dapat dihitung dengan menggunakan data return tahunan, bulanan, atau harian. Buku Jogiyanto terbaru tersebut, saya belinya di Surabaya. Sekedar informasi tambahan buku Tandelilin dan Suad Husnan juga ada edisi terbarunya tahun 2010.
      Terimakasih

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 97 other followers