Home > Manajemen Investasi dan Pasar Modal > Cara Mencari Data Suku Bunga SBI di Website Bank Indonesia

Cara Mencari Data Suku Bunga SBI di Website Bank Indonesia

work-bank-paper-127245-mSBI adalah surat berharga sebagai pengakuan utang berjangka waktu pendek dalam mata uang rupiah yang diterbitkan oleh Bank Indonesia dengan sistem diskonto.

SBI diterbitkan Bank Indonesia tanpa warkat (scripless), dan seluruh kepemilikan maupun transaksinya dicatat dalam sarana Bank Indonesia BI-SSSS.

Tanya:

Bagaimana cara mencari data suku bunga SBI melalui website Bank Indonesia?

Jawab:

Langkah-langkah pencarian sebagai berikut:

> Langkah pertama: pada address bar, ketikkan alamat website Bank Indonesia: http://www.bi.go.id

> Langkah kedua: arahkan kursor pada menu Moneter, nampak seperti gambar berikut:

langkah 1 suku bunga sbi

> Langkah ketiga: klik Lelang Sertifikat BI, seperti tampak pada gambar di langkah kedua dan hasilnya tampak seperti gambar berikut:

Langkah 2 suku bunga sbi

*) suku bunga SBI dapat dilihat pada baris Diskonto rrt SBI, yaitu 7.21695%.

> Langkah keempat: untuk mencari data suku bunga sbi pada tanggal tertentu, klik Hasil Lelang Sertifikat Bank Indonesia (SBI) pada kolom Judul seperti gambar berikut:

Langkah 3 suku bunga sbi

> Langkah kelima: untuk melihat data suku bunga SBI sebelum tahun 2011, klik Data Sebelum Tahun 2011 seperti pada gambar langkah keempat, setelah itu, tampak gambar berikut:

Langkah 4 suku bunga sbi

*) Untuk mencari data suku bunga SBI pada tanggal tertentu, ganti saja tanggal pada gambar langkah kelima di atas.

Demikian penjelasan dari Saya, semoga bermanfaat…!!!

Saran dan kritikan atas tulisan ini sebagai upaya perbaikan ke depan, silakan kontak saya melalui Contac Me yang ada pada menu utama blog ini. Sedangkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan tulisan ini atau lainnya, silakan Anda tuliskan pada Kotak Komentar.

Artikel terkait:

Kembali ke home

About these ads
  1. February 18, 2015 at 12:47 am

    permisi pak saya sedang melakukan penelitian, saya membutuhkan suku bunga SBI dari tahun 2008-2012 dengan menggunakan suku bunga yang satu bulanan. bagaimana cara perhitungan nya kalau data yang ada hanya yang 9 bulan saja. bagaimana cara untuk mendapatkan suku bunga SBI yang satu bulanan. terimakasih

  2. qiteara
    January 10, 2015 at 12:36 am

    asslm, salam kenal pak,
    terimakasih sblmnya, informasi yg bapak berikan di blog sangat bermanfaat,
    mohon bantuannya pak saya sedang melakukan penelitian tentang investasi asing langsung dan mencari data suku bunga dalam negeri, penelitian saya menggunakan data 1990-2013,
    sy sdh mencoba mencari data yg sesuai dan lengkap sprti bi rate dan sbi tetapi data keduanya hanya dimulai dari tahun 2000 an ya pak,…
    mohon bantuannya pak, kira-kira data suku bunga apa yang cocok untuk penelitian saya?
    terima kasih

    • January 10, 2015 at 10:38 pm

      To Qiteara,
      Utk data dengan rentang waktu yang panjang atau 23 tahun sangat sulit dicari atau didapat, coba kamu datang ke perpustakaan atau bagian data di BPS di daerah anda atau datang ke perpustakaan BI. Alternatif selain BI rate atau SBI rate, suku bunga deposito rata-rata atau JIBOR (Jakarta Interest Bank Offerate).

      Thanks and regards,
      Abdul Hadi

      • qiteara
        January 12, 2015 at 11:08 am

        trima kasih pak, jika saya menggunakan suku bunga deposito bank umum bgmn mencari rata-ratanya pak apa harus dijumlahkan dulu semua suku bunga dgn bbg tenor kemudian dibagi n y pak?
        mohon bantuannya lagi y pak , JIBOR merupakan acuan apa pak (perannya pada perekonomian)?
        trm ksih

        • January 12, 2015 at 1:31 pm

          To Qiteara,
          ambil salah satu dari beberapa tenor, misalkan 12 bulan, setelah itu dirata-ratakan, bisa juga diambil dari suku bunga deposito salah satu bank, misalkan bank BRI. Jibor dulu digunakan sebagai suku bunga acuan bank dalam menetapkan suku bunga, sekarang diganti dengan BI rate.

          Thanks and regards,
          Abdul Hadi

          • qiteara
            January 13, 2015 at 3:46 pm

            terimakasih pak atas pencerahanny…

  3. Revicristia
    December 25, 2014 at 9:21 pm

    pak hadi bisa minta data suku bunga SBI bulanan dr tahun 2010 – 2013? kalau boleh tolong di email ke cristia_aqua@yahoo.com ya pak. terima kasih banyak sebelumnya..

  4. Gontorudin
    December 3, 2014 at 12:49 pm

    salam pak. saya Gontorudin mahasiswa akhir yang melakukan penelitian tentang yield to maturity obligasi.
    saya mau tanya pak kalau saya mau ambil data suku bunga sbi. apakah data yang saya ambil saat penerbitan obligasi atau saat jatuh tempo?
    mohon penjelasannya pak.
    terima kasih.

  5. Azarya
    November 24, 2014 at 6:45 pm

    pak mau nanya,,, hits itu maksudnya apa,, trus apa ada frekuensi transaksi pembelian SBI nggak?? apa frekuensi penawaran itu pembelian atau? mohon penjelasannya.. trimaksih sebeliumnya

  6. fransisca
    September 27, 2014 at 10:29 am

    selamat pagi pak….saya sedang menyelesaikan tugas akhir dan saya perlu contoh cara perhitungan indeks eckel tapi di microsoft excel…karena kalo word saja saya kurang paham caranya itu bagaimana..apa bapak bisa tolong email ke saya?terima kasih

  7. nur fardilah
    September 17, 2014 at 4:56 pm

    Bapak Hadi, untuk data suku bunga SBI yang dipakai itu yang mana ya pada tabel hasil lelang SBI ? saya membutuhkannya yang tahun 2013. terima kasih, mohon bantuannya.

    • September 17, 2014 at 6:16 pm

      To Nur Fardilah,
      Lihat nilai diskonto. Anda butuh data suku bunga SBI + konversi data (daily, weekly or monthly), silakan kontak email berikut : einfojasa@gmail.com.

      Thank and regards,
      Abdul Hadi

  8. September 12, 2014 at 7:18 pm

    selamat malam pak, saya indra, saya sedang mengerjakan skripsi saya dan saya lagi membutuhkan data suku bunga sbi tahun 2008-2012 dan data di web bi tidak lengkap, jika tidak keberatan mohon bantuannya pak dan jika bersedia mohon kirim kan ke email saya : asavakit61@yahoo.com
    terimakasih pak

  9. August 22, 2014 at 8:00 pm

    pak mohon bantuannya.. saya mmbutuhkan data suku bunga SBI per bulan untuk tahun 2009 dan 2010 (untuk skripsi saya). di BI tersedia dalam bentuk tenor 6 bulan dan 9 bulan. yg saya harus lakukan apa ya pak? langsung menggunakan nominal itu atau ada langkah untuk merubahnya menjadi per bulan?
    terima kasih pak

  10. August 22, 2014 at 7:58 pm

    pak mohon bantuannya.. saya mmbutuhkan data suku bunga SBI per bulan untuk tahun 2009 dan 2010. di BI tersedia dalam bentuk tenor 6 bulan dan 9 bulan. yg saya harus lakukan apa ya pak? langsung menggunakan nominal itu atau ada langkah untuk merubahnya menjadi per bulan?

  11. fadli
    August 13, 2014 at 9:12 pm

    asslamualkm wrb,,, bpk hadi yang saya hormati seblumnya sya mohon mf krn mengganggu aktifitas bapa, saya atas nama fadli dari mahasiswa STIE muliapratama yang bertempat di bekasi timur, saya sekarang lagi nyusun sekripsi judulnya mengenai ANALISIS TIMGKAT INFLASI DAN TINGKAT SUKU BUNGA SBI TERHADAP IHSG, sya mohon bantuan bapak mengenai data lengkap tentang tingkat suku bunga SBI tahun 2011, 2012 dan 2013 saya, ini alamat email saya bpak, adamcobra15@yahoo.com. sekali lagi saya sangat mengharapkan bantuan bapak karena jadwal sidang skripsi di kampus saya berakhir tanggal 28 agustus 2014

Comment pages
1 14 15 16
  1. December 6, 2013 at 10:21 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 108 other followers