Home > Manajemen Investasi dan Pasar Modal > Cara Mencari Data Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS) Lewat Website Bank Indonesia (BI)

Cara Mencari Data Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS) Lewat Website Bank Indonesia (BI)

Tanya:

Bagaimana cara mencari data Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS) lewat website Bank Indonesia?

Jawab:

Untuk mencari data SBIS lewat website BI, silakan Anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka browser kesayangan Anda dan ketikkan http://www.bi.go.id, kemudian tekan go atau enter, maka akan tampak halaman utama website BI seperti gambar berikut:

  • Pada halaman utama website BI, pilih menu MONETER dan klik Operasi Moneter, seperti tampak pada gambar berikut:

  • Pada kotak Operasi Moneter, pilih dan klik Lelang SBI, seperti tampak pada gambar berikut:

  • Setelah itu, akan tampak Hasil Lelang SBI dan SBIS pada tanggal, bulan dan tahun terakhir, seperti gambar di bawah ini dan data SBIS yang Anda cari ada Saya beri kotak dengan warna hijau).

  • Masih pada halaman yang sama, lakukan drop down, untuk melihat periode tahun data dan klik Lihat, jika Anda ingin mengetahui data hasil lelang sebelum tahun 2011, klik Data Sebelum Tahun 2011, seperti tampak pada gambar di bawah ini atau bisa juga dengan cara klik Home > Statistik > Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia (SEKI), setelah itu lakukan drop down, pilih dan klik Suku Bunga, diskonto, imbalan.

  • Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini, kemudian pilih Tanggal hasil lelang SBI dan SBIS sesuai dengan tanggal dan tahun data yang Anda butuhkan.

  • Sedangkan jika tanggal dan bulan data yang Anda butuhkan tidak ada, lakukakan drop down, maka akan tampak tanggal dan bulan data yang dicari, seperti tampak pada gambar berikut:

Demikian penjelasan dari Saya, semoga bermanfaat !!!

  1. agung
    February 21, 2015 at 10:59 pm

    assalammuallaikum pak ..
    saya membutuhkan data Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia tahun 2009 – 2014 apakah bisa ?

  2. agung
    February 21, 2015 at 10:58 pm

    assalammuallaikum pak ..
    saya membutuhkan data Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia tahun 2009 – 20014 apakah bisa ?

  3. June 27, 2014 at 4:31 pm

    Selamat sore, Pak. Saya seorang mahasiswa yang sedang dalam proses menulis skripsi.

    Melihat langkah-langkah yang bapak jelaskan, apakah berarti imbal hasil SBIS tiap bulannya (yang diberi kotak warna hijau) sama dengan suku bunga SBI (yang ditunjukkan dengan nama “Stop Out Rate SBI”)?

    Terimakasih sebelumnya, Pak.

    • June 27, 2014 at 4:37 pm

      Maksud saya suku bunga SBI yang ditunjukkan dengan nama “Diskonto rrt SBI”.

  4. June 5, 2014 at 4:32 pm

    Selamat sore, Pak. Saya mengalami kesulitan dalam membaca data pada SEKI yaitu “Indeks Nilai Tukar Nominal Rupiah”. Apa bedanya dengan kurs tengah biasa?

  5. Linna
    June 5, 2014 at 10:30 am

    Selamat pagi Pak Hadi. saya sedang membutuhkan data reksa dana saham sektoral tahun 2010-2013 serta NAB nya, bagaimana mencarinya ya, karna di situs OJK sendiri tidak tersedia. terima kasih sebelumnya.

  6. nila
    May 21, 2014 at 4:58 pm

    selamat sore pak hadi, maaf mengganggu…saya nila,saya kesulitan mencari data ..saya sedang membutuhkan data suku bunga bulanan periode 2009-2013. mohon bantuannya pak..terimakasih pak hadi
    email : nilaafni@gmail.com

    • May 21, 2014 at 5:46 pm

      To Nila,
      Data suku bunga dimaksud data apa? mau beli data? silakan kontak melalui emai einfojasa@gmail.com.

      Thanks and regards,
      Abdul Hadi

  7. febriani
    May 16, 2014 at 10:39 am

    pak hadi , aku perlu data tahun 2010 . mohon bantuannya

    • May 16, 2014 at 10:55 am

      To Febriani,
      Data tentang apa?

      Thanks and regards,
      Abdul Hadi

  8. herli
    January 27, 2014 at 1:07 pm

    Selamat pagi pak hadi,
    Pak.. Saya membutuhkan data sbis tahun 2009-2012 Mohon bantuannya pak
    Terima kasih

  9. Izma
    December 4, 2013 at 3:13 pm

    assalammuallaikum pak ..
    saya membutuhkan data Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia tahun 2005 – 2008 apakah bisa ?

    • December 4, 2013 at 5:44 pm

      To Izma,
      Konfirmasi lebih lanjut, silakan cek email sdri Izma.

      Regards,
      Abdul Hadi

  10. Umi
    November 28, 2013 at 7:06 am

    Selamat pagi pak hadi,
    Pak.. Saya membutuhkan data sbis tahun 2011-2012 seperti yang dibutuhkan Sdr. anugrah. Mohon bantuannya pak
    Terima kasih

    • November 29, 2013 at 1:18 pm

      To Umi,
      Konfirmasi mengenai permintaan data sdh dikirimkan melalui e-mail sdri Umi, silakan dicek.

      Regards,
      Abdul Hadi

  11. anugrah
    November 11, 2013 at 4:58 am

    jika data tersebut tidak ada, apakah ada solusi lain pak? soalnya saya sedang mengerjakan skripsi saya mengenai kinerja reksadana dengan metode sharpe pada tahun 2010-2013, dan tahun 2011 dan 2012nya pak yang masih kurang, mohon bantuannya pak
    Terimakasih banyak

  12. anugrah
    November 11, 2013 at 4:54 am

    Selamat pagi Pak Hadi, saya sudah mencoba mencari data sbis tahun 2011 dan 2012, kok tidak ada ya pak? tolong bantuannya pak untuk penghitungan rf yang saya butuhkan
    Terimakasih banyak

    • November 15, 2013 at 7:29 pm

      To Anugrah,
      Konfirmasi lebih lanjut, silakan cek e-mail sdr Anugrah.

      Regards,
      Abdul Hadi

  13. May 9, 2013 at 9:01 am

    Selamat pagi Pak Hadi, saya mau tanya. apa bapak punya data tingkat suku bunga SBI dan bonus SBIS/SWBI untuk periode 2005-2009? saya butuh data tersebut untuk menyelesaikan tugas akhir saya. saya sudah email ke email bapak yg tercantum di blog ini.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas blog nya yg sangat berguna dan atas bantuannya. ^^

  14. yanti
    June 23, 2012 at 8:33 pm

    selamat malam pak hadi, sebelumnya maaf mengganggu bpk
    saya butuh data tingkat SBIS atau SWBI per 1 bulan dari tahun 2010-2012 ini untuk dijadikan salah satu variabrl Rf dalam t.a yg sdg saya susun ttp saya tidak dpt menemukan data tsb.. bisakah bpk mengirimkan datanya.. trima kasih..

    • June 25, 2012 at 6:57 pm

      To Yanti,
      Data imbal hasil SBIS disetiap bulan memang tidak lengkap, karena tidak ada lelang SBIS pada bulan itu. Oleh karena data yang dibutuhkan adalah data rata-rata imbal hasil SBIS dalam tahun tertentu, maka data yang tersedia dijumlahkan dan dibagi n data. Sedangkan rata-rata imbal hasil SBIS bulanan adalah rata-rata imbal hasil SBIS tahunan dibagi 12.

      Regards,
      Abdul Hadi

  15. sarah
    June 22, 2012 at 6:38 pm

    slamat sore pak hadi, pak hadi saya mau tanya bagaimana cara mencari tingkat SBIS per 1 bulan?? saya sdh mencoba lihat di web BI untuk bulan” tertentu tidak ada.. mohon jawabannya..

    • June 22, 2012 at 10:48 pm

      To Sarah,
      Bp sdh kirimkan data yang dibutuhkan by e-mail, silakan dicek.

      Regards,
      Abdul Hadi

    • June 25, 2012 at 6:53 pm

      To Sarah,
      Data imbal hasil SBIS disetiap bulan memang tidak lengkap, karena tidak ada lelang SBIS pada bulan itu. Oleh karena data yang dibutuhkan adalah data rata-rata imbal hasil SBIS dalam tahun tertentu, maka data yang tersedia dijumlahkan dan dibagi n data. Sedangkan rata-rata imbal hasil SBIS bulanan adalah rata-rata imbal hasil SBIS tahunan dibagi 12.

      Regards,
      Abdul Hadi

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

