Home > Manajemen Keuangan > Risiko dan Tingkat Pengembalian

Risiko dan Tingkat Pengembalian

everystockphoto-51841-mMateri Pembelajaran Risiko dan Tingkat Pengembalian adalah sebagai berikut:

  • Konsep Return dan Risiko
  • Return yang Diharapkan untuk Investasi Tunggal
  • Risiko untuk Investasi Tunggal
  • Return yang Diharapkan untuk Portofolio
  • Risiko untuk Portofolio
  • Himpunan Portofolio dan Himpunan Portofolio yang Efisien
  • Keseimbangan Pasar (Market Equilibrium)
  • Diversifikasi Investasi
  • Capital Asset Pricing Model (CAPM) dan Security Market Line (SML)
  • Aplikasi Capital Asset Pricing Model (CAPM

PENDAPATAN YANG DIHARAPKAN (EXPECTED RETURN) UNTUK INVESTASI TUNGGAL

RISIKO UNTUK INVESTASI TUNGGAL

Varians

Standar Deviasi

Expected Return-Risk Indifference Curve

PENDAPATAN YANG DIHARAPKAN (EXPECTED RETURN) UNTUK PORTOFOLIO

Expected Return Portfolio

RISIKO UNTUK PORTOFOLIO

Varians Portofolio

atau

Standar Deviasi Portofolio

HIMPUNAN PORTOFOLIO DAN HIMPUNAN PORTOFOLIO YANG EFISIEN

Pengukuran Risiko Tidak Sistematik dan Risiko Sistematik

CAPITAL ASSETS PRICING MODEL (CAPM) DAN SECURITY MARKET LINE (SML)

Perbandingan CML dan SML

APLIKASI CAPITAL ASSETS PRICING MODEL (CAPM)
Menghitung Risiko Sistematik Portofolio

Menghitung Tingkat Pendapatan yang Disyaratkan dari Surat Berharga

Menghitung Biaya Modal Saham

Kembali ke Materi Kuliah: Manajemen Keuangan

Artikel terkait Materi Kuliah: Manajemen Keuangan

Pustaka:

  1. Farah Margaretha, 2005, Teori dan Aplikasi Manajemen Keuangan: Investasi dan Sumber Dana Jangka Pendek, Grasindo
  2. I Made Sudana, 2011, Manajemen Keuangan Perusahaan: Teori dan Praktek, Penerbit Erlangga, Jakarta
  3. Mamduh M. Hanafi, 2008, Manajemen Keuangan, Edisi 1, BPFE Yogyakarta
  1. February 22, 2013 at 11:17 pm

    selamat malam bapak..
    saya mendapat informasi tentang bapak dr teman saya yang kebetulan jg mengambil informasi dr bpk..
    saya sedang menulis skripsi & dosen saya meminta untuk menulis mengenai pengaruh Size, leverage dan deviden record terhadap equity risk..
    setelah saya mencoba mencari informasi ternyata equity risk dihitung dengan menggunakan CAPM..
    jujur saya kesulitan mendapatkan jurnal untuk kebutuhan judul saya.. dan jurnal yang saya dapat tidak cukup untuk membuat saya paham mengenai CAPM..
    dan selama kuliah materi ini asing buat saya..
    ada beberapa masalah yang ada dibenak saya :
    1. saya berniat untuk menggunakan laporan keuangan tahunan pd perusahaan yang terdaftar di BEI. dari data ini saya bisa mendapatkan nilai dr size & leverage.
    2. dari bebarapa sumber yang saya dapat, CAPM dihitung berdasarkan data harian, mingguan atau bulanan.. bagaimana merelevansikan dengan penggunaan lap. keuangan tahunan untuk menentukan nilai size & leverage.
    3. dari sekian banyak sumber yang menjelaskan CAPM, tidak ada yang menjelaskan perhitungannya secara terperinci, sehingga saya kebingungan mengaplikasikan data keuangan yang saya dapat.

    sebelumnya saya minta maaf jika banyak pertanyaan kpd bpk..
    tp saya mohon pauntuk memberikan pencerahannya..

    karena saya kesulitan berkonsultasi dengan dosen pembimbing saya dikarenakan beliau sedang hamil..

    email saya : wahyusetyaraharjo@yahoo.com

    sekali lg sebelumnya saya mohon maaf…

    Regard

    wahyu

  2. tanowa
    February 16, 2013 at 12:38 pm

    selamat siang pak, saya lagi meneliti skripsi ttg corporate governance terhadap total risk, nah di jurnal acuan saya itu total risk dihitung dengan menggunakan standar deviasi return saham bulanan (standard deviation of monthly stock return). Saya mau tanya, apakah tidak jadi masalah dengan menggunakan return bulanan untuk perhitungan standar deviasi ketimbang dgn memakai standar deviasi return harian pak?
    #terimakasih

  3. Suci
    January 23, 2013 at 1:56 am

    Yaampun bapak makasih banget,kebetulan sedang mengerjakan skripsi tentang ini. satu pertanyaan, saya mencari beta menggunakan CAMP dengan SPSS, apakah hasil beta tersebut sudah mewakili beta portofolio atau belum ? mohon pencerahannya karena saya rasa binggung. Portofolio yang saya gunakan adalah risiko reksa dana. Terima Kasih

  4. mutia
    November 22, 2012 at 10:55 pm

    bapak saya ingin bertnya mohon bantuannya krn saya tidak mendapatkan referensi yg membahsa masalah ini :
    saya melakukan pembentukan portofolio optimal dengan model indeks tunggal dimana penggolongan saham yang masuk dalam kategori portf optimal adalah saham-saham yg memiliki nilai ERB sama dengan atau lebih besar dr titik C*, sedangkan C* sendiri merupakan nilai Ci terbesar.. saya masih belum paham sebenarnya Ci itu mengukur apa pak? dibuku hanya dibahas bahwa titik Ci adalah titik pembatas, tp saya masih belum paham penjabaran arti Ci itu sendiri ( dan akumulasi nilai ai sampai aj serta bi sampai bj) itu maksudnya apa ya pak?

    kemudian dalam penentuan Zi (proporsi dana saham i) itu dalam satuan apa ya pak, karena mengingat Zi itu masih belum prosentase…

    mohon sekali bantuan bapak..

    • November 25, 2012 at 9:43 pm

      To Mutia,
      Jawaban atas pertanyaan kamu sdh Bp jawab by e-mail, silakan dicek.

      Regards,
      Abdul Hadi
      FE Unlam Banjarmasin

      • Sinta
        April 27, 2013 at 12:38 am

        Pak Hadi, apa bisa bapak kirimkan juga jawaban atas pertanyaan mbak Mutia, ke email saya? karena sekarang saya juga sedang menulis skripsi mengenai analisia portofolio optimal..
        terima kasih sebelumnya pak..

      • Ria
        June 13, 2013 at 12:37 pm

        bapak.. saya juga mohon dikirimkan jawaban atas pertanyaan mba mutia ke email saya budiati.ria@gmail.com, karena saya juga sedang menyusun skripsi tentang pembentukan portofolio optimal.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

