Home > Analisis Laporan Keuangan > Cara Menghitung Price to Book Ratio

Cara Menghitung Price to Book Ratio

Bagaimana cara menghitung PRICE TO BOOK RATIO? untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya langsung saja diaplikasikan pada perhitungan rasio keuangan yang terdapat di ringkasan kinerja perusahaan tercatat per 31 Januari 2013.

Setelah mempelajari artikel ini diharapkan mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah ANALISIS LAPORAN KEUANGAN dengan topik: RASIO KEUANGAN dapat melakukan perhitungan secara tepat, demikian juga dengan mahasiswa yang sedang menulis skripsi atau tesis dapat menjelaskan dengan baik, bagaimana dan dari mana angka PRICE TO BOOK RATIO tersebut dihitung?.

PRICE TO BOOK RATIO

Formula

P/B = share price / book value per share

Sebagai contoh, ringkasan kinerja PT Astra Agro Lestari, Tbk (AALI)

Berdasarkan ringkasan kinerja PT Astra Agro Lestari, Tbk (AALI) per 31 Januari 2013, PRICE TO BOOK RATIO AALI tahun 2009 – 2012 adalah sebagai berikut:

Keterangan

2008

2009

2010

2011

2012

PBV (X)

5.75

5.72

4.06

3.61

Solusi:

Keterangan

2008

2009

2010

2011

2012

Share Price

22,750

26,200

21,700

19,700

Book Value per Share

3,953.89

4,579.59

5,350.81

5,947.26

PBV (X)

5.75

5.72

4.06

3.31

*) share price = Close pada kolom SHARES TRADED > Price (Rupiah), book value per share = BV (Rp) pada kolom RATIOS.

  1. hanna
    November 22, 2016 at 4:33 pm

    hallo pak, saya sedang melakukan skripsi dengan variable PBV di sini tertera bahwa rumus PBV adalah close price / BV sedangkan di Ringkasan kinerja perusahan yang saya unduh di BEI perhitungan PBV hanya Total Equity / Paid Up capital Shares . Jadi sebenarnya yang betul yang mana ya pak / Mohon Bnatuannya. Terimakasih🙂

    • November 23, 2016 at 10:17 am

      To Hanna,
      BV adalah hasil bagi antara Total Equity dengan Paid up Capital Shares. Jadi, bukan PBV. Coba cek lagi.

      Thanks and regards,
      Abdul Hadi

      • momo
        December 3, 2016 at 7:14 am

        berarti paid up capital shares=jumlah saham yang beredar ya pak hadi? makasih banyak:)

        • December 4, 2016 at 10:34 am

          To Momo,
          Iya, benar sekali.

          Thanks and regards,
          Abdul Hadi

  2. momo
    November 20, 2016 at 5:08 pm

    hallo pak, nama saya monica. saya sedang menyelesaikan skripsi saya. saya udah membaca baca di internet dan dikatakan bahwa market to book ratio sama dengan price to book value. apakah memang benar market to book ratio sama dengan price to book value? mohon jawabannya ya pak:) terima kasih banyak.

    • November 21, 2016 at 9:53 pm

      To Momo,
      Iya, benar. Proxy dari market atau price sebagai pembilang pada kedua rumus tsb sama, yaitu closing price.

      • momo
        December 2, 2016 at 7:21 pm

        maaf pak saya bertanya lagi kemudian bagaimana dengan penyebutnya ya pak? apakah book value = total equity/listed shares? makasih banyak atas bantuannya:)

        • December 4, 2016 at 10:36 am

          To Momo,
          Iya, benar sekali.

          Thanks and regards,
          Abdul Hadi

  3. afifah
    September 8, 2016 at 8:28 am

    pak bagai mana cara mencari nilai buku per saham ?

  4. April 14, 2016 at 10:24 am

    pak bagaimana mencari (harga pasar per lembar saham)/(nilai buku per lembar saham) pada metode PBV pada laporan keuangan perusahaan yg asli

  5. siti
    December 17, 2015 at 2:08 pm

    pak mw Tanya kalo saham baru diterbitkan di bei pada tahun 2014 maka rasio pasar apa yang tidak bias dihitung?/

  6. Sheilla
    August 7, 2015 at 12:37 am

    pak,, maaf .. mungkin pertanyaan ini diluar konteks dari tulisan bapak.. saya ingin bertanya, bagaimana cara untuk menghitung persistensi laba pak ? saya agak kurang paham pak.. seblumnya terimakasih karna blog bapak banyak membantu skripsi saya….

  7. Sheila
    August 5, 2015 at 8:02 pm

    Pak saya ingin bertanya, cara menghitung PBV adalah share price/BVS. Mengapa Share price yang digunakan dalam perhitungan adalah close price? mengapa tidak harga rata-rata saham?

    • August 5, 2015 at 8:49 pm

      To Sheila,
      Dalam praktek seperti itu, disamping itu rasio keuangan dihitung berdasarkan tahun buku. Harga saham mingguan, bulanan, tahunan, diambil dari harga saham harian di minggu, bulan, atau tahunan pada tanggal terakhir. Jadi, harga saham mingguan, bulanan, atau tahunan tidak ditentukan berdasarkan rata-rata harga saham.

      Thanks and regards,
      Abdul Hadi

      • September 28, 2016 at 3:03 pm

        dan kalo Laporan pake 4 kuartal , mana yang diambil untuk data tahunan.. apakah closing price Q4?

  8. Lisa A.
    July 2, 2015 at 10:57 pm

    pak yg PBV tahun 2012 di icmd tertulis 3,61 padahal jika kita hitung sendiri hasilnya 3,31. yg benar yang mana ya pak ?? saya bingung harap dibantu utk pengerjaan skripsi. terima kasih🙂

    • July 2, 2015 at 11:54 pm

      To Lisa A.,
      Price = data close price end period, book value = total equity : listed shares, apakah kamu menghitungnya seperti itu? jika ya, pasti sama hasilnya, karena data yang digunakan sama. kecuali sebaliknya.

      Thanks and regards,
      Abdul Hadi.

  9. verny
    June 17, 2015 at 1:23 pm

    pak, kalo yg saya perlu itu datanya dari tahun 2010, tapi di ringkasan kinerja perusahaan yg ada hnya dari tahun 2011.. itu gmna ya? apa bisa lihat di mana ?

  10. ani
    May 27, 2015 at 12:47 pm

    pak saya mau tanya, saya masih bingung menghitung PBV. mencari harga saham nya dan nilai buku ditentukan dari mana pak/

  11. May 19, 2015 at 11:42 pm

    pak, saya mau bertanya kalau untuk menghitung MBV market to book value itu seperti apa yaa?
    mohon bantuannya yaa pak ini tugas saya. makasih🙂

    • May 20, 2015 at 5:11 am

      To Arien P,
      Market = close price dan book value = total ekuitas dibagi jumlah saham beredar. Data untuk mnghitung MBV dapat dilihat di ringkasan kinerja perusahaan tercatat dan bisa diunduh di website Bursa Efek Indonesia (BEI) pada menu publikasi, klik Ringkasan Kinerja Peeusahaan Tercatat.

      Thanks and Regards,
      Abdul Hadi

  12. Dee'
    March 5, 2015 at 1:53 pm

    Pak saya mau tanya ada data yang saya bca tp saya tdk mengerti cra perhitunganya,
    jadi di data diketahui number of share outstanding, stock price at end of the year, equity, market to book value, dan yg terakhir market to book value (in).
    saya bngung mndapatkan nilai market to book value (in) itu pak dr mna,dari data hnya ada ketrngan mendaptkan market to book value = number of share outstanding*stock price / equity.
    Tetapi market yg book value (in) tdk ad ketrngan ny, mhon pemhaman ny untk di bntu pak,kalau boleh saya minta email Bapak jd saya bs krm data ny,
    tlg dn terima kasih ya Pak.

    • March 6, 2015 at 6:05 pm

      To Dee,
      Email Bp ada di samping kanan blog.

      Thanks and regards,
      Abdul Hadi

  13. February 24, 2015 at 9:27 pm

    Pak saya ingin bertanya bagaimana cara mencari pbv tahun 2009 sedangkan closing price pada Ringkasan Kinerja Perusahaan Tercatat mulai dari 2010? Mohon bantuan nya pak.

    • March 4, 2015 at 8:12 pm

      To Elvia,
      Data bisa dilihat di ICMD.

      Thanks and regards,
      Abdul Hadi

  14. February 1, 2015 at 12:56 am

    Malam pak.. saya mau tanya,. saya sedang menyusun skripsi berjudul pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dan CSR sebagai variabel pemoderasi.. yang saya mau tanyaka.. cara menghitung PBV bagaimana? kalau diliat dari laporan keuangan perusahaan pertambangan yang saya teliti tidak menerbitkan PBV, jadi saya harus menghitung secara manual. caranya bagaimana ya pak? Terimakasih.

    • February 1, 2015 at 1:50 pm

      To Oviie,
      pbv = price / book value. price = closing price Des …., book value = jumlah ekuitas / jumlah saham beredar.

      Thanks and regards,
      Abdul Hadi

  15. December 12, 2014 at 10:10 pm

    pak BV itu dapat dari kolom ratios. itu kolom ratios dari mana pak. terimakasih

  16. June 28, 2014 at 1:59 pm

    siang pak kalau saya mau menghitung Price Earnings Ratio rumus na Market Price per Share/Earnings per Share. yang saya tanyakan jenis saham ap yang digunakan untuk menghitung Price Earnings Ratio, sedang kan jenis saham ada banyak.

  17. March 8, 2014 at 12:42 pm

    Ada tmn saya berpendapat, utk harga pasar saham PBV 2012 diambil stelah laporan keuangan diterbitkan, yaitu hrg saham skitar di bln 4. Benarkah demikian pak?

    • March 8, 2014 at 4:16 pm

      Price to Book Value (PBV) dihitung berdasarkan waktu analisis. Jika per tanggal lap. keuangan, maka harga pasar pada akhir tanggal lap. keu.

      • March 9, 2014 at 12:25 pm

        Thx so much pak atas pencerahannya dan sudah mau membalas pesan saya….🙂

  18. March 6, 2014 at 10:05 am

    Pagi pak, saya mau betanya. Saya sedang menulis skripsi dengan judul “pengaruh roe, der, dan dpr terhadap pbv tahun 2011-2012” yang ingin saya tanyakan, apkah pbv utk tahun 2011 saya ambil pbv di tahun 2011 juga atau pbv tahun dpn nya? Karena teman saya berpendapat bahwa pbv 2011 diambil pbv yg tahun 2012 biar terlihat pengaruh variabel x terhadap y. Mohon penjelasannya pak, trims. Selamat pagi…

    • March 8, 2014 at 12:15 am

      To Jojo,
      Variabel PBV untuk 2011 diambil adalah 2011, bukan 2012. Demikian juga dengan 2012 diambil juga 2012.

      Thanks and Regards,
      Abdul Hadi

      • March 8, 2014 at 10:05 am

        Thx pak… berarti harga pasar saham yg saya masukkan ke dalam rumus PBV adalah closing price akhir tahun 2011?

        • March 8, 2014 at 10:49 am

          Iya, benar.

          • March 8, 2014 at 1:13 pm

            Pak, ada tmn saya brpendapat hrg pasar saham PBV utk thn 2011, diambil hrg pasar stelah lap keu 2011 terbit yaitu skitar bln 3 di tahun 2012. Hal tersebut dikarenakannagar terlihat pengarun variabel x thd variabel y. Thx pak,

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

